Selasa, 30 April 2013

Perancangan Perangkat Lunak



Tahapan Rancangan Perangkat Lunak
1. 2 Pendekatan rancangan perangkat lunak
  • Rancangan perangkat lunak terstruktur
  • Rancangan perangkat lunak berorientasi objek
Tahap rancangan perangkat lunak :






Alat Perancangan Perangkat Lunak Terstuktur
  • Kamus data
  • Model  data logik 
  • ERD
  • DFD
  • STD

Karakteristik Rancangan Untuk Program Terstruktur
  • Modul disusun secara hirarkis (bagan struktur, diagram jackson, diagram warnierorr)
  • Menggunakan logika CALL-based atau PERFORM-based
  • Menggunakan control flow dan rancangan top-to-bottom dan pengkodean top-to-bottom atau bottom-to-top
  • Merancang repetisi atau loop
  • Menerapkan konsepsi kendali standar untuk urutan

Rancangan Perangkat Lunak Berorientasi Obyek
Adalah Strategi perancangan dimana perancang sistem memikirkan ‘benda’ dan bukan operasi atau fungsi.

Objek dan Kelas Objek
1. Objek
  • Memberi identitas kepada orang atau benda
  • Merepresentasikan entitas dari aplikasi yang dirancang
2. Kelas Objek
  • Dibuat untuk menurut definisi kelas objek
  • Definisi kelas objek berfungsi sebagai template untuk membuat objek
3. Karakteristik
  • Superkelas : kumpulan kelas
  • Subkelas : kejadian dari suatu kelas
  • Inheritance : kemampuan untuk mendefinisikan subkelas objek dari suatu kelas objek
  • Didefinisikan pada UML

Representasi Alternatif Dari Kelas Berorientasi Objek









  • Kelas objek persegi panjang
  • Atribut objek bagian atas
  • Operasi / metode / servis bagian bawah
  • Pesan
  • Memodel pewarisan : Satu dari pembeda kunci diantara sistem OO dan konvensional

Penelusuran Rancangan Perangkat Lunak (software design walkthrough)
  • Derajat formalitas atau struktur dari penelusuran
  • Pengaturan waktu : Selama SDLC atau SWDLC

Hirarki Kelas









Tahapan Perancangan Berorientasi Objek
  • Mendefinisikan Konteks sistem dan model penggunaan
  • Merancang arsitektur sistem
  • Mengidentifikasi obyek utama sistem
  • Mengembangkan model desain
  • Menspesifikasi interface obyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar